Tags

, , , , , , ,

Pantai di Gunung Kidul memang jauh lebih menarik bagi saya ketimbang parangtritis,tapi yang namanya udah sering pasti juga bakalan sampai ke kata “bosen”. Mari coba kita bergeser ke timur sedikit ke daerah pacitan,jawa timur, ane nemu pantai yang keren ,udah terkenal sih,tapi masih sering sepinya ,namanya pantai klayar. Pacitan,jawa timur, nggak salah kalo agan mikirnya jauh dari jogja karena mesti nyebrang provinsi jateng dulu,sebenarnya nggak jauh kok,cuman agak jauh,asal lewat rute berikut :D

  • Pantai Klayar memang terletak di pacitan,jawa timur,tetapi masih di bagian barat dan belum sampai ke kota pacitan kalo dari arah jateng,jogja. Rute terpendek yang ane tau kita mulai aja ambil jalur ke wonosari, lewat jalan wonosari lalu pathuk.
  • Nanti agan nglewatin kota wonosari,pasar, lurus aja ke timur sambil liat penunjuk jalan ke arah pracimantoro.
  • Jalan wonosari-pracimantoro ini masih bisa dikatakan lumayan :D
  • Kalo sudah memasuki wilayah pracimantoro jalan mulai semrawut, sempit,berlubang,naik turun, dan kanan kiri nya pepohonan rimbun (baca:hutan). Ane wajibkan kendaraan harus dalam kondisi sehat wal afiat,mulai dari power,suspensi,ban dan yang paling krusial adalah motor/mobil agan remnya harus maknyus.
  • Sudah masuk pracimantoro? oke,pasang mata lagi buat cari arah ke giribelah, jalan masih semrawut, nggak usah ragu ketika jalannya kecil dan terkesan jalan hutan,memang seperti itu adanya.
  • Selanjutnya nanti akan ada perbatasan jateng-jatim, jalannya sepi,nggak usah takut setan loh ya,lewatin aja perbatasannya :P
  • Nhah setelah itu buka mata lagi cari arah ke Punung,bukan Pulung,itu mah temen ane #haduh, lha nanti kalo sebelum masuk wilayah punung di kiri jalan ada papan penunjuk arah bertuliskan “KALAK, PANTAI KLAYAR” ,pesan saya “ABAIKAN” tulisan itu kalo rombongan agan sedikit,kalo banyak ga apa-apa diambil,lanjut terus aja sampai ke wilayah punung, kenapa? karena kalo lewat jalan dari papan penunjuk arah tadi sepi dan rawan pemalakan dari sumber yang pernah saya baca dan penulisnya sendiri yang jadi korban pemalakan.
  • Setelah masuk wilayah punung buka mata lebar-lebar buat cari papan penunjuk arah ke Goa Gong, tepatnya nanti ada perempatan kecil agan ambil arah kanan,ikuti aja jalannya ke arah goa gong.
  • Jadi ikuti aja penunjuk arah ke goa gong ,jalannya sempit,naik turun dan berkelok,ane wajibkan “jangan ngebut”,nanti akan sampai di pertigaan goa gong,ada penunjuk arah ke pantai klayar ikuti aja sampai ke TKP.
  • Perjalanan dari jogja sampai ke pantai klayar kalo lewat jalur ini sekitar 2,5 jam kalo pake motor,kalo mobil mungkin bisa sampai 3 jam.

Sebenarnya ada rute lain yang jalannya lebih rame dan gede,tapi muternya jauh banget gan,yaitu lewat solo dulu terus wonogiri terus pacitan,lewat klaten-wonogiri-pacitan juga bisa,tapi tetep aja muter,jadi ini jalur yang paling singkat. Retribusi untuk masuk ke pantai klayar cuman Rp 6.000,00 per motor + biaya parkir Rp 1000,00. Murah kan? :D. Gimana si rupa pantainya ? cekidot gan :

up1

pantai klayar

klayar

pantai klayar

tebing pantai klayar

Seruling Pantai Klayar

Itu yang terakhir yang paling terkenal di pantai klayar,air laut yang menyembur diantara batu karang,kalo di luar negeri namanya geyser (kayaknya) ,tapi klo geyser kan air panas,lha ini air laut,dingin, namanya : seruling samudera, untuk kesini harus ada pemandunya dan ntar kita ngasih dana sukarela untuk pemandunya. Semoga manfaat gan :D

About these ads