Pasar Kangen Yogyakarta 2014

Tags

, , , , , , ,

Lagi-lagi saya mau bahas “ulah” jogja yang hubungannya sama budaya,seni dan makanan enak. Event ini diberi nama “PASAR KANGEN”, pasar kangen diadakan dengan tujuan untuk bernostalgia dengan hal-hal (termasuk) makanan yang populer dan memasyarakat sekali pada jamannya. Apa saja yang ada di pasar kangen? banyak, mulai dari kerajinan tangan, kesenian, meubel, barang-barang kuno, dan tentunya makanan jaman dulu yang maknyus seperti tiwul, cenil, gethuk, sate, angkringan ? jelas ada gaes. Pasar kangen diselenggarakan selama satu minggu mulai dari tanggal 18-24 Agustus 2014,semoga tahun depan ada lagi biar yang belum sempat mampir tahun ini, tahun depan bisa mampir dan ikut meramaikan. Berikut saya upload juga foto-foto yang sempat saya ambil buat mingin-mingini para pembaca :p

penjual piringan hitam tiwul tiwul Kethoprak Pasar Kangen Jogja 2014 Pasar Kangen Jogja 2014 Pasar Kangen Jogja 2014 Pasar Kangen Jogja 2014

Festival Gerobak Sapi 2014

Tags

, , , , , , ,

Halo gaes, lama tak jumpa, kali ini saya mau cerita tentang salah satu event kebudayaan yang diselenggarakan di yogyakarta. Yogyakarta memang selalu ada saja “ulahnya”, apalagi bulan – bulan agustus-september ini,banyak banget event kesenian dan kebudayaan yang digelar. Salah satunya adalah festival gerobak sapi yang diadakan selama dua hari (23-24 Agustus 2014) di utara stadion maguwoharjo, sleman, yogyakarta. Festival ini bertujuan untuk mengajak warga jogja bernostalgia dan tidak melupakan salah satu alat transportasi yang sangat populer pada jamannya, ya, gerobak sapi. Selain itu acara ini juga membawa misi tentang “membangkitkan wisata daerah”,maksudnya? seperti diketahui semua orang,kalau wisata ke jogja ya kalau ndak ke malioboro, beringharjo, keraton, tamansari, alkid (alun-alun utara), semua itu ada di tengah kota jogja, dengan event-event sejenis ini misi yang ingin dicapai adalah kemerataan potensi wisata di setiap daerah jogja, tidak hanya terpusat di kota (biar nggak macet banget juga kota-nya gaes). Kembali ke festival gerobak sapi, banyak sekali gerobak sapi yang berpartisipasi dalam acara ini, mungkin 200 peserta ada. Rangkaian acara dalam festival ini juga bermacam-macam, ada pawai, lomba fotografi, offroad gerobak sapi (semacam karapan sapi tapi ada gerobaknya), lomba hias gerobak sapi, ada juga lomba desain gerobak sapi, karya tulis, pokoknya rame banget. Sri Sultan Hamengkubuwana X juga sempat memberikan sambutan pada event ini, salah satu pesan yang saya ingat betul adalah, bahwa sultan menasehati para “bajingan” agar tidak memecut sapi-sapinya, karena disamping menyakiti juga akan menurunkan harga jual kulit sapi ketika dijual nanti. Festival ini diadakan setahun sekali, jadi yang tahun ini belum bisa nonton, tahun depan masih bisa. Sebagai gambaran acara saya sertakan beberapa foto dokumentasi yang saya ambil sendiri on the spot.

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

off road gerobak sapi

festival gerobak sapi

 

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi

festival gerobak sapi 2014

festival gerobak sapi 2014

Sri Sultan Hamengkubuwana X

Sri Sultan Hamengkubuwana X

FYI :

- “bajingan” = para pengemudi gerobak sapi

- kalau mau nonton event ini pakai masker dan baju lengan panjang

 

Fungsi Jumper pada Switch

Tags

, ,

Beberapa waktu lalu kantor saya ‘migrasi’, sayang bukan migrasi ke opensource, tetapi hanya migrasi lokasi kantor alias pindahan kantor. Ketika memasang instalasi jaringan, karena masih belum semua anggota kantor pindahan, maka jumlah komputer klien belum maksimal. Setelah dibuat topologi oleh tim dari solo, langsung eksekusi pada malam hari (lebih tepatnya dini hari), kenapa dini hari? karena menunggu semua file sudah dikirim ke pusat, dan karena server-server plus internet harus dimatikan, begadang ? *iya, kan ngejar deadline 2 minggu* ah sudah-sudah haha. Berhubung agar ruang server tidak terlalu semrawut (acak-acakan) oleh kabel LAN, dibatasilah hanya ada 2 (dua) buah switch di ruang server. Setelah labeling kabel LAN mulai dari yang atau ke router dan server-server dan komputer klien selesai, labeling dilakukan agar tidak salah tarik kabel (fatal banget nih kalau sampe kejadian), saatnya kita tancap-tancapkan ke switch, dan ternyata oh ternyata 1 (satu) buah switch sudah cukup,maka diputuskanlah switch yang satunya sebagai cadangan, misalnya ada port yang rusak atau ada penambahan jumlah jaringan. Lalu bagaimanakah agar switch cadangan bisa berjalan dengan normal, ya harus kita hubungkan dengan switch satunya, caranya? dengan menggunakan kabel cross, atau dikenal juga dengan sebutan jumper switch, jadi tancapkan satu ujung kabel cross di switch 1 dan tancapkan ujung satunya di switch 2. Memang pada awalnya agak aneh, karena biasanya bentuk jumper itu seperti pin, tetapi ini kok kabel cross? ya itulah namanya pergaulan *hah?, nah dari sini saya jadi teringat materi dasar-dasar jaringan komputer, bahwa untuk menghubungkan 2 macam benda sejenis gunakan kabel cross, untuk 2 benda yang tidak sejenis gunakan kabel straight, dan pada prakteknya juga, tidak hanya bisa digunakan pada PC atau laptop untuk nge-game Dota, tetapi juga bisa digunakan pada switch. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Sumber : Pengalaman pribadi *cieee

Reset Password Win 7

Tags

, , ,

Berhubung salah satu karyawan ada yang resign, dan kemudian diangkatlah seorang karyawan baru untuk menggantikan karyawan yang resign,maka dipakailah juga komputer karyawan yang resign oleh karyawan yang baru diangkat untuk menggantikan karyawan yang resign. Pertanyaan yang muncul adalah saya ndak tau passwordnya apa,kan so pasti karyawan baru yang diangkat untuk menggantikan karyawan yang resign tidakk bisa pake komputernya,karena tidak tahu passwordnya,yasuda,,qita reset saja,caranya ? ,dimari :

  1. Booting dengan DVD/USB bootable windows 7
  2. Pilih Repair Your Computer – Command Prompt
  3. masuk ke drive yang berisi filesystem (biasanya C,bisa juga D,E,F,G,dst. tergantung yang nginstall,sebagai contoh saya ambil drive C)
  4. Copy file sethc.exe yang ada di /windows/system32 ke C:,dengan perintah
    copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\
  5. Copy file executable cmd untuk menggantikan sethc.exe dengan perintah :
    copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe
  6. Restart komputer,ketika sudah masuk halaman login tekan tombol SHIFT 5(lima) kali,nanti akan muncul cmd
  7. ketikkan perintah: net user (nama_user_komputer) 12345, maksud perintah tersebut adalah untuk mengganti password user dengan nama nama_user_komputer menjadi 12345. Misal nama usernya indro,perintahnya jadi : net user indro 12345
  8. sampai langkah nomor 7,anda sudah bisa login dengan memasukkan password 12345, tetapi masih ada satu tahapan lagi,yaitu mengembalikan file sethc.exe ke tempatnya semula.
  9. Ulangi langkah nomor 1 – nomor 3,kemudian ketikkan perintah :
    copy c:\sethc.exe c:\windows\system32\sethc.exe
  10. Restart,selesai.

Semoga manfaat nggih.

Sumber :http://www.howtogeek.com/96630/how-to-reset-your-forgotten-windows-password-the-easy-way/

 

[Solved] zimbra status=deferred delivery temporarily suspended refused to talk to me: 421

Tags

, , , , , , , , , , ,

Hmm,pagi ini saya datang telat 3 menit,jam 09.03 WIB. Belum sempat duduk teman kantor masuk ke ruangan ane lalu bertanya “mas email-e kok ga isa nampa ya?” ,jawab saya “o ya sik mas” ,padahal yo dalam hati *ngopo maneeh iki* wkwkwk. Okelah,keep calm (gayane) langsung ane cek log zimbra,lalu saya saya dapati pesan seperti ini :

status=deferred (delivery temporarily suspended: host xxx.yyy.com[192.168.4.235] refused to talk to me: 421 xxx.yyy.com Zimbra LMTP server closing connection; service busy)

setelah kesana kemari ,ketemulah permasalahannya,ada di master.cf (postfix) zimbra di bagian ‘-o mynetworks’. Pastikan mengacu pada ip LOKAL anda,bukan ip public, misalnya 127.0.0.1/8 atau 127.0.0.0/8 atau berapa lah tergantung settingan anda. Setelah disesuaikan jangan lupa untuk restart zimbra service-nya,oke,semoga manfaat ya.

Sumber: http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2001753

Scan Conficker Menggunakan nmap

Tags

, , , ,

Beberapa hari ini saya dan mas eko menerima komplain tentang koneksi internet yang lambat alias lemot. Dugaan awal adalah karena penyedia layanan (ISP) yang bermasalah. Kemudian mas eko melakukan tes koneksi ketika shift malam saat tidak ada klien yang hidup (terkoneksi ke jaringan) dan hasilnya ternyata normal,seharusnya jika ISP yang bermasalah tes koneksi juga akan lambat,meskipun hanya 1 atau beberapa klien yang terkoneksi. Setelah beberapa kali dan beragam melakukan tes dan cek,alhasil muncullah sangkaan *halah ,bahwa ada komputer klien yang terinfeksi conficker. Virus ini salah satu efeknya memang memenuhi traffic jaringan (semacam flooding,tapi bukan DDoS). Okelah,kemudian diputuskan untuk melakukan scanning ke masing-masing komputer klien,tapi klien di kantor kami ada sekitar 40 lebih komputer,hmmm capek juga,setelah saya dan mas eko giliran nyicil scan,ujung-ujungnya nemu cara buat scan seluruh jaringan menggunakan nmap. Scan yang dilakukan ini bisa dilakukan dengan menggunakan script dibawah ini :

nmap -PN -T4 -p139,445 -n -v –script=smb-check-vulns –script-args safe=1 [target network]

atau jika ingin reportnya lebih lengkap bisa gunakan script yang ini :

nmap -p139,445 -vv –script p2p-conficker,smb-os-discovery,smb-check-vulns –script-args=checkconficker=1,safe=1 -T4 [target network]

Sekarang ke contohnya,ketika jaringan saya mempunyai gateway 192.168.3.1 nanti jedi begini scriptnya :

nmap -PN -T4 -p139,445 -n -v –script=smb-check-vulns –script-args safe=1 192.168.3.*

tetapi sebelumnya harus sudah install nmap ya,kalau belum bisa download disini. Setelah scanning selesai,bisa dilihat di bagian Host Script Result,jika ada keterangan “Conficker:Likely Clean” berarti komputer bersih,bila ada keterangan “Conficker:LIKELY Infected” ya you know what i mean. Scan ini TIDAK untuk menghilangkan conficker,tetapi hanya mendeteksi,setelah terdeteksi monggo dilakukan pembersihan sendiri. Paling tidak cara ini bisa menghemat waktu menurut saya. Semoga manfaat ,kalau ada kesalahan monggo dikoreksi :D

Sumber :

http://burnsforce.com/index.php/use-nmap-to-detect-conficker/

http://nmap.org/nsedoc/scripts/p2p-conficker.html

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.